BAHAYA Mengintai Warga Pontianak, Terlebih di Malam Hari

by -498 views
Bahaya: kondisi Kota Pontianak pada malam hari (lokasi Jl. Ahmad Yani, Depan Masjid Mujahidin Pontianak)

Pontianak-Today. Beberapa hari terakhir ini warga Kota Pontianak dan sekitarnya mulai terganggu dengan kondisi kualitas udara yang tidak bersahabat akibat asap yang cukup tebal menyelimuti Kota Ini.

Belakangan ini memang belum terjadi hujan di Pontianak dan seperti sudah menjadi agenda tahunan ketika curah hujan kurang maka kabut asap pun akan datang, hal ini bisa disebabkan oleh kebakaran lahan gambut maupun pembakaran lahan untuk kepentingan perkebunan dan pertanian yang sebenarnya sudah dilarang sejak lama.

Kondisi kabut asap saat ini sudah mulai mengganggu aktivitas warga, seorang pengguna jalan Susiana (34) tahun saat kami temui di perempatan Jl. Ahmad Yani  РJl. KH Ahmad Dahlan mengatakan, Ia merasakan perih pada mata dan agak sesak jka bernafas jika sedang berada diluar rumah.

“sekarang sangat tidak enak jalan keluar rumah apalagi dimalam hari karena kabut asap makin tebal” ungkap Susiana. Perempuan yang saat kami temui menggunakan masker ini seperti sudah sangat hapal dan hanya bisa pasrah dengan keadaan ini.

“tiap tahun selalu begini, kalau sudah musim kemarau Pontianak pasti Kabut seperti ini kita sebagai warga tidak bisa berbuat banyak apalagi penyebabnya dari daerah luar Kota Pontianak” kata pengendara motor matic ini.

“semoga saja kabut asap tahun ini cepat ditangani sehingga tidak parah seperti beberapa tahun ¬†lalu. harus ada penangan serius dari pihak terkait tidak hanya mengharapkan hujan turun” harapnya.

Dari pantauan team KalbarToday.com kondisi udara di Kota Pontianak beberapa hari terakhir memang sangat memprihatinkan dan berbahaya bagi kesehatan selain dapat dirasakan langsung seperti perih pada mata dan sensasi sesak saat bernafas masyarakat Kota Pontianak juga dapat memonitor langsung kondisi udara pada alat yang dipasang dinas terkait di perempatan lampu merah Jl. Ahmad Yani – Kh. Ahmad Dahlan.

Dari beberapa Index Standar Pencemaran Udara (ISPU), malam lalu terlihat salah satu indikator pencemaran udara yaitu Pm10 terlihat sudah berada pada posisi tidak sehat.

Pm10 adalah kadar polutan berupa debu/ partikel lain yang terkandung dalam udara yang kita hirup, makin tinggi Pm10 berarti makin kotor udara kita, dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan, terlebih bagi yang memiliki riwayat gangguan saluran pernafasan. (awe)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.