Warung Kopi Self Service di Sudut Pontianak

by -314 views
ramai: suasana pengunjung cafe Aulia Firdaus
ramai: suasana pengunjung cafe Aulia Firdaus

 

Pontianak – Today. Jika membicarakan Pontianak maka salah satu hal yang segera terlintas adalah warung kopi yang menjadi salah satu ciri khasnya, bahkan pemerintah kota pontianak telah menetapkan salah satu jalan protokol dalam kota menjadi kawasan warung kopi yaitu jalan Gajah Mada, meskipun jalan Gajah Mada yang ditetapkan sebagai Coffee Street warung kopi tersebar merata hampir diseluruh sudut kota.

Jauh dari hingar bingar padatnya lalu lintas kota Pontianak disebuah jalan kecil daerah padat penduduk Jalan Karna Sosial No.2 Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan ada sebuah warung kopi bernama Cafe Aulia Firdaus, uniknya di sini pengunjung membuat sendiri minuman yang diinginkannya, pengelola menyediakan meja khusus dengan berbagai macam pilihan menu khas warung kopi, seperti kopi hitam, teh, susu panas dan beberapa minuman lainnya, tidak hanya minuman beberapa menu makanan ringan juga tersedia seperti roti bakar, bubur ayam dan aneka kue tradisional dan inipun pelanggan dapat langsung membuat dan mengambil sendiri.

“kita sengaja buat konsep sedikit beda, semacam kopi self service lah” ujar Ibu Mismar yang juga owner cafe Aulia Firdaus ini, lebih lanjut ia menceritakan warung kopi ini baru dimulai awal tahun 2017 awalnya cuma memanfaatkan halaman rumah yang cukup luas, sebelumnya bersama saudaranya ditempat yang sama sudah ada usaha warung internet dan rental komputer. “disini kan banyak mahasiswa dan anak kost yang sering ke rental dan warnet jadi kita berfikir untuk memanfaatkan halaman yang ada dengan membuka warung kopi dan makanan” ujar Ibu Mismar.

Sebagaimana warung kopi kebanyakan, disini juga pengunjung dapat mengakses internet dengan gratis lewat wifi yang disediakan tidak hanya itu ada satu hal unik lainnya di warung kopi ini, Pengelola juga menyediakan fasilitas karaore online, dimana pengunjung dapat bernyanyi dan memilih lagu via chanel youtube sambil menikmati makanan dan minumannya, berbekal sebuah proyektor dan sebuah laptop dengan perangkat soundsystem yang sederhana yang terhubung internet via wifi dari warnet yang sudah ada pengunjung bebas menggunakan fasilitas ini.

seorang pengunjung Alif Sukendri (37) mengatakan belakangan ia sering nongkrong disini menikmati kopi sambil berselancar didunia maya, “di sini akses internetnya bagus dan lancar, saya bisa ngopi sambil menyelesaikan pekerjaan” ungkap pria yang berprofesi sebagai praktisi IT dan penyedia aplikasi perusahaan keuangan dan perbankan ini.

selain menyediakan minuman dan makanan ringan, pengelola juga menyediakan menu makanan “berat” seperti Ayam Geprek, Roti Cane, Bubur Rempah, Nasi Goreng dan Mie Telor, namun ini masih disediakan oleh beberapa pegawainya “untuk yang berat-berat belum bisa self service karena keterbatasan peralatan dan pekerja namun kedepan kita arahnya ke sana” sambung bu Mismar saat dijumpai oleh team kalbartoday.com ditempat usahanya. (awe)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.