Waduk Pajintan Tarik Perhatian Wisatawan Lokal

by -389 views
waduk: salah satu sudut waduk yang menjadi destinasi baru wisata singkawang
waduk: salah satu sudut waduk yang menjadi destinasi baru wisata singkawang

Singkawang-Today. Ada fenomena menarik belakangan ini dari akun sosial media warga kota Singkawang. Jika kita perhatikan dengan seksama maka dapat kita temukan update serupa di sosial media tentang sebuah tempat wisata baru yang sedang ramai dikunjungi beberapa waktu belakangan.

Setelah ditelusuri oleh tim KalbarToday.com ternyata tempat wisata tersebut dikenal dengan nama Waduk Pajintan. Melihat suatu sajian pemandangan lewat foto yang sangat menarik, menggugah kami untuk menelusuri keberadaan tempat wisata Waduk Pajintan tersebut, baik dari segi akses lokasi maupun fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Seperti namanya, tempat wisata ini berada di kelurahan Pajintan Singkawang timur, letaknya tidak jauh dari lokasi wisata Taman Cinta Pajintan. Waduk Pajintan dapat di kunjungi dengan waktu tempuh rata – rata sekitar ± 30 menit dari pusat kota Singkawang. Untuk aksesnya sendiri bisa dikatakan mudah di akses dengan kendaraan jenis apapun.

Hanya saja untuk mencapai lokasi wisata tersebut pengunjung juga diharuskan untuk melewati jalan tanah merah kurang lebih sekitar 10 menit. Hal tersebut sangat disayangkan sebab jalan tanah berupa tanjakan dan turunan itu berpotensi becek dan licin ketika diguyur hujan.

Sampai di gerbang masuk lokasi, pengunjung ditarik biaya masuk sekitar Rp 5.000,-/orang. Namun menurut narasumber yang tidak mau disebutkan namanya, sebenarnya untuk masuk ke lokasi wisata Waduk Pajintan tidak dipungut biaya sepeser pun. Sayangnya ketika hendak mencari kejelasan informasi tersebut kami kesulitan untuk menemui pihak pengelola tempat wisata.

Saat memasuki lokasi wisata, dapat kita temukan dua buah kolam besar dengan air yang sangat jernih. Kolam pertama terletak di bagian depan, di dekatnya terdapat bangunan terbuka yang bisa digunakan untuk bersantai dari panas terik matahari. Namun, kondisi taman di lokasi tersebut terkesan belum rampung sepenuhnya.

Tempat wisata Waduk Pajintan sangat menarik perhatian pengunjung sebab penampakannya yang memang sangat indah. Berupa kolam raksasa berair jernih yang di latarbelakangi oleh deretan gunung – gunung. Kondisi tersebut sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu foto yang instagramable, baik berupa foto bersama, foto selfie maupun foto landscape. Selain berburu foto, juga terdapat beberapa pengunjung yang terlihat berenang di kolam tersebut.

Berdasarkan pengalaman kami waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Pajintan adalah sore hari, antara pukul 15.00 – 17.00 waktu setempat. Kami tidak merekomendasikan untuk terlalu berlama – lama di lokasi tersebut karena fasilitas pendukung masih kurang memadai, namun apabila ingin piknik bersama keluarga disarankan untuk mempersiapkan bekal sendiri dari rumah. (ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.