Ternyata, Katak Pelangi Sungai Sambas Pernah Jadi Paling Dicari di Dunia

by -704 views
Foto. Katak Pelangi Sumber Alemendah’s blogspot.com.

Sambas-Today. Katak Pelangi merupakan hewan endemik jenis langka yang hanya bisa ditemukan disungai Sambas, Sebagaimana diLansir dari Alemendah’s BlogSpot.com, Minggu (14/5), pada tahun 2010 katak pelangi merupakan salah satu dari 10 katak paling dicari didunia sehingga tak ayal hewan endemic tersebut pernah jadi Mose Wanted oleh SSC IUCN global spesialis Ampibi dan Conservation international.

Sebelumnya katak pelangi pernah terlihat pada tahun 1924, hingga pada tahun 2011 kemudian para peneliti menemukan 3 ekor katak tersebut.

Dikalimantan Katak Tersebut disebut katak sungai sambas yang mempunyai nama latin Ansonia Latidisca.

Adapun nama pelangi pada katak tersebut berdasarkan warna kulitnya mempunyai pola warna hijau terang, ungu dan merah, serta disekujur kulitnya yang bewarna-warni ditumbuhi bintik-bintik mirip kutil. Ukuran katak pelangi tergolong kecil, panjangya antara 30-50 mm.

Dikonfirmasi melalui via Telepon, pegiat social spesialis konservasi, Udiansyah, mengatakan katak pelangi merupakan hewan trestial yang hidup di hamparan permukaan tanah yang dilalui oleh sumber air tawar.

ini merupakan hewan langka dari Sambas, sangat disesalkan kalau beberapa tahun mendatang ampibi ini sudah punah,” Tutur aktivis pencinta alam tersebut.

Ia menambahkan, hal yang sering terjadi ialah hilangnya habitat dan degradasi lingkungan akibat deforestasi hutan serta alih fungsi lahan yang membuat jenis hewan langka tersebut punah. (wel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.