Permainan Kano Semakin Marak di Pontianak

by -185 views
Sungai Kapuas: beberapa perempuan sedang bermain Kano di Sungai Kapuas (foto: tribunenews.com)

Pontianak – Today. Sungai Kapuas sebagai salah satu icon Kota Pontianak mempunyai banyak potensi yang mempesona salah satunya yang beberapa tahun terakhir ini mulai berkembang adalah Permainan Kano yang semakin marak, Lokasi perahu kano ini terletak di tepian sungai Kapuas tepatnya di Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur. Permainan ini marak digandrungi warga di sore hari.

Ada beberapa tempat penyewaan perahu kano di banjar sarasan, rata-rata tempat penyewaan kano di bandrol dengan harga delapan ribu rupiah.

Menurut salah satu penyewa kano, “saya belum pernah mendayung kano. Inilah kali pertamanya, ternyata menyenangkan dan membahagiakan bagi saya mendayung kano seperti menikmati mainan air yang menyenangkan,”ungkapnya.

“Setiap harinya warga yang main kano bisa mencapai ratusan orang, ramainya dari pukul 03:00 sore hingga Matahari tenggelam 06:00, bahkan ada juga yang sampai malam,“ungkap pemilik penyewaan kano.

Dilanjutkanya, “ia tidak membatasi usia dalam penyewaan kano, tetapi dirinya terlebih dahulu menanyakan apakah penyewa bisa berenang atau tidak, kalau tidak, kita tidak kasih walaupun tetap di lengkapi dengan pelampung.”imbuhnya.

Di tempat yang sama, yanto pemilik penyewaan perahu kano menambahkan, “tiga hari rata-rata ia mendapat keuntungan sekitar 2 jutaan, dari awal hanya 10 perahu kano sekarang sudah mencapai 50 perahu kano,menjadikan mata pencaharian yang baru bagi warga setempat,”tuturnya.

Sambungnya, “ini bagian dari objek wisata. Dan ini juga termasuk terobosan dalam memperomosikan Sungai Kapuas, menjadi tempat hiburan baru bagi masyarakat Kota Pontianak,”ucapnya. (dzl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.