Pelestarian dan Pemanfaatan Hutan Mangrove jadi prioritas LPHD Desa Satai Lestari di Pulau Maya

by -564 views
Foto : Hutan Mangrove Kecamatan Pulau Maya
Sumber Foto: Doc Kalbar today

Kalbar Today-KKU. Lembaga Pengelola Hutan Desa  (LPHD) Desa Satai Lestari targetkan skala prioritas pada pelestarian dan pemanfaatan hutan mangrove dalam mengali HHBK dari vegetasi tersebut,  Rabu (27/01/2021).

Sebagaimana diketahui LPHD Desa Satai Lestari yang menjadi binaan Lembaga Gemawan lebih memprioritaskan pada sektor hutan mangrove, karena melihat kondisi hutan mangrove yang menjadi perhatian penting terkait perlindungan lahan pemukiman masyarakat, tak ayal hutan mangrove di Pulau Maya dianggap Benteng pertahanan pulau tersebut.

Sebagaimana disampaikan,  Ketua LPHD Desa Satai Lestari, Majid,  mengatakan kondisi mangrove juga menjadi perhatian LPHD dalam  mengali potensi serta peningkatan  pelestarianya , hingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Bahkan jika dilihat dari area pemukiman dan lahan masyarakat selama ini dilindungi oleh hutan mangrove tersebut, dari abrasi dan pasang air laut, yang sekian tahun debitnya makin meningkat, sedangkan lahan masyarakat hanya berkisar jarak 50 meter dari bibir pantai tersebut.

“Kita menargetkan penegembangan dan pemanfaatan hutan mangrove menjadi prioritas utama kita dalam melindungi lahan dan pemukiman masyarakat desa dari abrasi dan pasang air laut,”tuturMajid.

Hal senada juga disampaikan, Staff Gemawan Distrik KKU, Welli Arma, menjelaskan penguatan dan pemanfaatan Hutan Mangrove yang di targetkan LPHD Desa Satai Lestari  untuk skala prioritas yang ingin dikembangkan  juga menjadi langkah alternatif kita bersama.

Namun Gemawan Juga selalu siap untuk memfasilitasi kawan – kawan dari Kelompok LPHD untuk kolaborasi dengan  Pemerintah Daerah setempat, terkait langkah inisiatif kelompok dalam pemanfaatan Hutan mangrove tersebut.

“  Kita selalu memperjuangkan  dalam mendorong dan memperkuat kelompok masyarkat terkait perlindungan dan pemanfaatan hutan dan lahan  di areal wilayah desa tersebut,”Pungkasnya. (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.