Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1438H Jatuh Pada 27 Mei 2017

by -2,509 views
Minhani, SE - Ketua PD Muhammadiyah Sambas
Minhani, SE Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kab. Sambas

SAMBAS-TODAY. Dalam waktu dekat umat muslim diseluruh dunia akan menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan 1438H, dimana waktu ini merupakan salah satu bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah karena banyak sekali tuntunan ibadah yang bisa dilakukan sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Besar Muhammad, SAW dan di contohkan oleh para Sahabat.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1438H jatuh pada 27 Mei 2017 berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sambas, MInhani, menurutnya Muhammadiyah lebih dahulu menetapkan masuknya Ramadhan karena menggunakan medote Hisab Hakiki Wudujul Hilal, dimana menurut perhitungan Hisab tinggi bulan dibeberapa wilayah indonesia pada saat terbenam matahari tanggal 26 Mei 2017 berada pada ketinggian lebih dari 7 derajat diatas ufuk.

Saat dihubungi team KalbarToday.com, mantan pengurus PB HMI ini mengajak seluruh ummat muslim untuk mempersiapkan diri menyambut hadirnya bulan Ramadhan ini. “mari kita siapkan mental dan fisik agar dapat menjalani seluruh rangkaian ibadah Ramadhan dengan baik” ungkapnya.

Sementara itu, pemerintah melalui kementerian agama baru akan menetapkan 1 Ramadhan 1438H memalui sidang Isbat yang akan dilaksanakan pada 26 Mei 2017.

Menanggapi hal ini Minhani mengatakan perbedaan ini terjadi karena pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal, pihaknya tetap menghargai dan menghormati keputusan pemerintah.

Minhani juga mengatakan untuk tahun ini, kemungkinan besar pelaksanaan 1 Ramadhan 1438 bersamaan pada 27 Mei 2017, “jika melihat hasil perhitungan hisab tinggi bulan sudah diatas 7 derajat, kemungkinan besar sudah akan terlihat bagi yang menggunakan metode rukyatul hilal”,  namun Ia tetap mempersilahkan masyarakat yang masih menunggu hasil sidang Isbat kementrian agama.

“Semoga Ramadhan kali ini kita dapat semakin mendekatkan diri dan  mengambil seluruh hikmah bulan puasa untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari” kata Minhani menutup pembicaraannya.

Tidak hanya itu, PP Muhammadiyah juga telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438H bertepatan dengan tanggal 25 Juni 2017(awe)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.