Menikmati Keindahan Alam dan Sensasi Ber-cano di Kendawangan

by -516 views
Potensi Wisata: dua orang wisatawan lokal yang menikmati laut dengan perahu kano

Kendawangan – Today. Kecamatan yang berjarak 96 km dari kabupaten Ketapang dan terletak di ujung selatan kabupaten Ketapang ini tak kalah indahnya dengan pulau dewata Bali, potensi alam yang melimpah serta kearifan lokal yang beragam menjadi daya tarik tersendiri.

selain potensi tambang dan perkebunan potensi lain yang ada ialah pontensi alam, memiliki pantai yang indah, pegunungan hijau danau yang menawan, serta pulau pulau dengan air yang bening bebatuan koral yang di penuhi ikan-ikan kecil serta keramahan masyarakatnya pun membuat kendawangan layak menjadi tujuan destinasi wisata.

Salah seorang penggiat wisata Rian Arista saat di jumpai team kalbartoday.com menuturkan, keindahan alam di kendawangan merupakan karunia tuhan yang sangat berharga sayang apabila wisata di kendawangan di biarkan begitu saja tanpa ada yang menggerakan, mengembangkan serta memperhatikan, ibarat mutiara yang di biarkan di tengah jalan begitulah nasib wisata di kendawangan.

pria yang berprofesi sebagai guru SMA ini juga merintis usaha jasa penyewaan cano, harapannya generasi muda sekarang mengenal dan mencintai air serta laut sebab kita juga tinggal di derah pesisir yang kaya akan keindahan alam. “Pelan-pelan kita coba mengenalkan ke masyarakat dan dunia luas agar kedepan wisata kendawangan tidak di pandang sebelah mata” pungkas rian.

Sementara kepala desa kendawangan kiri Julianda Syamsir. H, saat di wawancari menuturkan “memang kendawangan sangat besar sekali pontensi wisatanya apabila kelola dengan baik dan benar, selama ini kita ketahui seperti pulau bali sangat bergantung pada wisata, karena PAD terbesar berasal dari pelancong yang datang. Nah, apabila wisata kembangkan hal ini akan mendorong kemajuan serta pemasukan apbd daerah, tidak hanya itu apabila wisata di kelola dengan benar maka akan banyak dampak positif untuk masyarakat. Terutama terbukanya lapangan perkerjaan serta perputaran roda ekonomi pun akan meningkat”.

Julianda Syamsir H, Kepala Desa Kendawangan Kiri

Ia berharapĀ pemerintah daerah melirik potensi kepulau yang ada di desa kami, sebab pulau yang terdata di desa jumlahnya tidak sedikit, kurang lebih sekitar 20 pulau. Selain itu, masing-masing pulau memiliki keistimewaan dan kelebihan tersendiri, terutama pulau Bawal sebagai penghasil lobster dan rumput laut, pulau Penambun sebagai tempat konservasi penyu dan pulau Gambar yang hampir mau di jual oleh oknum yang tak bertanggung jawab karena keindahannya. Semua pulau tersebut tak kalah indahnya dengan pulau-pulau di Bali dan Lombok.

Kedepan, harapan kami sebagai pemerintahan di desa semoga baik itu pemerintah daerah melalui dinas pariwisata dapat serius dan berkomitmen mengembangkan wisata, tidak hanya itu perbaikan infrastruktur serta fasiltas lainya juga harus di benahi, Agar wisatawan yang berkunjung nyaman dan betah untuk berwisata ke kendawangan” Pungkas kades julianda syamsir, yang akrab di sapa Yanda.(joe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.