Melalui Swadaya dan Gotong Royong, LPHD Desa Tanjung Satai Terapkan Kemandirian dan Keberlanjutan Kelompok

by -283 views

Kegiatan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan LPHD Desa Tanjung Satay (Sumber foto : Doc Kalbartoday)

KKU Today– Sering  kita temukan bahwa  beberapa kelompok Kelembagaan perhutanan sosial  masih sepenuhnya butuh bimbingan dan dampingan lembaga maupun instansi  pembinanya.

Namun kendati demikian berbeda dengan salah satu Kelompok Binaan Lembaga Gemawan, yaitu kelompok LPHD desa Tanjung Satay, yang menjalankan kemandirian kelompok dengan asas Gotong-royong demi keberlanjutan kelompok tersebut.  Jumat (29/10/2021)

Sebagimana disampaikan oleh ketua kelompok LPHD Desa Tanjung Satay, Gunawan, menyatakan bahwa kelompok yang dibentuknya selalu aktif dan disiplin dalam setiap agenda pertemuan kelompok.

Bukan hanya sebatas pertemuan, namun kegiatan kegiatan  lapangan juga dilakukan pada saat itu juga untuk pengelolaan dan pemanfaatan  lahan dan hutan, melalui searing informasi dan ilmu yang dimiliki oleh setiap masing- masing anggota kelompok.

Kami mengadakan pertemuan seminggu Sekali, pada hari jumat, dengan iuran dua puluh ribu rupiah,  untuk keperluan konsumsi dan kebutuhan llogistik kelompok, tak heran kalau kami menyebut ini adalah tempat kami sekolah,” Ungkaponya.

Petugas Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Kayong Utara, Tateman,  merasa kagum melihat aktivitas salah satu kelompok LPHD di Kecamatan Pulau maya, yang berlokasi  disalah satu dusun Desa Tanjung Satay.

Ia juga siap untuk inisiatif membantu keperluan LPHD dalam peningkatan kapasitas kelompok dengan tanaman hutan yang bernilai ekonomis, dan bermanfaat bagi pelestarian hutan.

Dengan adanya kelompok LPHD yang aktif seperti ini bisa menjadi pemicu bagi kelompok LPHD yang lain dan menjadi percontohan bagi masyarakat pentingya pengelolaan dan penjagaan hutan”,Imbuhnya.

Staff Gemawan Distrik KKU, juga sangat antusias dengan  kegiatan yang dilakukan Kawan –kawan dari LPHD yang selalu berlanjut rutin dalam melakukan pertemuan kelompok.

Bahkan selain pengembangan kapasitas Kelompok LPHD Tanjung Satay juga aktif dalam beberapa bidang , selain penangkaran ikan juga di peternakan, hingga pemanfaatan HHBK untuk pakan ternak  di areal hutan Desa tersebut.

Kita berharap rutinitas pertemuan kelompok yang seperti ini menjadi percontohan bagi kelompok- Kelompok LPHD yang lain, serta kemandirian dan keberlanjutan kelompok itu juga menjadi prioritas utama dalam pembinaan dan pendampingan kelompok LPHD  yang dibentuk”,Harapnya. (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.