Desa Kendawangan Kiri Genjot Input Data.

Anggota Dinas Pemdes yang sedang memberikan sosialiasi dan bimtek di kantor desa kendawangan kiri kepada para relawan/operator dalam pengisian profil desa DKK/KK, nomor 2 dari kiri sekretaris desa kendawangan kiri, Usman.

Kendawangan – Today. Event lomba desa yang di selenggarakan oleh kemendragri yang di ikuti oleh desa seluruh indonesia, tidak hanya desa-desa kota yang tampil tapi desa-desa di provinsi kalimantan barat ikut proaktif dalam lomba tersebut, salah satunya desa kendawangan kiri, kecamatan kendawangan, kabupaten ketapang provinsi kalimantan barat.

Salah satu peserta lomba desa, yaitu desa kendawangan kiri kini tengah berjalan mempersiapkan segala persyaratan lomba di antaranya segi administrasi penduduk DKK & KK yang saat ini di genjot penyelesaiannya di akhir bulan ini. Di sela pertemuan sosialisasi dan bimtek dengan Dinas Pemdes, Sekretaris desa kendawangan kiri Usman  menuturkan  “tahapan demi tahapan akan jalani dengan serius  sebab ajang ini merupakan ajang yang bergengsi, apalagi membawa nama kecamatan kendawangan mewakili kabupaten ketapang dan provinsi kalbar tentunya”

Lanjut usman, “Untuk tahapan lomba di tingkat kecamatan kita juara I, harapan kita bisa menang di tingkat kabupaten dan provinsi, untuk mewakili lomba di tingkat nasional. Di sini kita di bantu oleh relawan yang sediannya sebagai operator membantu kita untuk input data adminisitrasi dkk/kk, terutama para guru yang sudah berpengalaman dalam hal input data pedagogik siswa selain itu kami juga di bantu oleh para pemuda dan mahasiswa kendawangan yang suka rela membatu dan kami sangat berterimakasih sekali atas apresasi mereka” Tutup usman

 

Di lain kesempatan salah satu operator yang seharinya di panggil “Gepeng” atau nama aslinya Fahmiran yang merupakan salah satu pemuda kendawangan yang menjadi relawan,  juga menuturkan “ kami sangat senang dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat ikut berpartisipasi untuk dapat membatu desa kami bertempur dalam mengikuti lomba desa yang di selenggarakan oleh kemendagri “ ,

melalui link http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id/ kita input data tersebut, harapan kami sebagai pemuda perbaikan dari segi administrasi dan pengarsipan desa sangatlah penting karena kemajuan dan desa yang baik tidak hanya dinilai dari infrastruktur saja, akan tetapi seberapa tertib administrasinya juga menjadi penilaian dan kreteria penting menjadi desa yang baik dan maju.

gepeng juga mengeluhkan, dalam pengisian data kita terkendala server yang sibuk, sehingga membuat molor dan membuang waktu sia-sia. apalagi kita inikan desa terpencil yang bandwith wifinya kecil, yang input datakan desa seluruh indonesia tidak hanya kita saja. “Harapan kami kemendagri menyediakan aplikasi app/ios atau aplikasi offline agar dalam penginputan tidak menunggu server dan wifi bagus saja. Kami berharap pemuda-pemuda di desa kami juga ikut berpartisipasi sebab dengan kebersamaan tugas yang berat akan menjadi ringan”  Tandas gepeng. (Joe)

Recommended For You

About the Author: joe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.