Kolaborasi Rencana Revegetasi Areal Gambut di Kawasan Hutan Desa Satai Lestari

foto: Gemawan – WA

KalbarToday – Lembaga Desa Pengelola Hutan (LDPH) Desa Satai Lestari Menyusun skema kolaborasi rencana Revegetasi areal gambut dikawasan hutan desa Satai Lestari, yang dihadiri oleh sejumlah pengurus LDPH dan didampingi oleh Gemawan di kediaman Sekretaris LDPH, Jumat, ( 19/8/2022).

Ketua LDPH, Atansyah, menjelaskan agenda tersebut merupakan rangkaian dari tindak lanjut Rencana kerja Tahunan yang dirancang Bersama seluruh pengurus serta disepakati utuk dilaksanakan setiap tahunnya.

Adapun target awal kegiatan tersebut yaitu melakukan pembibitan mandiri secara kelompok melalui konsep Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan jenis tanaman buah-buhan serta tanaman kayu lokal yang berasal dari  desa Satai Lestari.

Ini merupakan konsep kita Bersama sebagai pengurus LDPH Satai Lestari dengan membuat demplot pembibitan yang dikolaborasikan dengan Pemerintah Desa dan Kelompok MPA, dalam upaya persiapan rencana revegetasi Hutan Desa yang merupakan areal gambut” Tutur Atansyah.

Hal senada juga disampaikan pendamping LDPH Satai Lestari dari Gemawan, Welli Arma, mengatakan hal tersebut adalah bentuk dari impelementasi hasil rencana kerja perhutanan sosial (RKPS) yang disusun serta telah di sepakati Bersama.

Konsep KBR tersebut , Lanjut Welli, yaitu rangkaian kolaborasi multipihak diDesa Satai Lestari, dalam mendorong semangat  aktivitas masyarakat untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta bisa mendapatkan manfaat secara ekonomis untuk pengembangan jenis komoditi hasil hutan.

Selain itu juga, peningkatan kapasitas organisasi dan komunitas peduli lingkungan terkait   tata kelola Kawasan hutan menjadi peran penting Bersama dalam penerapan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian hutan berdasarkan partisipatif masyarakat sekitar.

kelembagaan maupun Komunitas Organisasi pengelola hutan harus tetap didampingi dan diberikan peningkatan kapasitasnya agar peran dan Tindakan yang dilakukan untuk tata Kelola hutan berjalan berdasarkan partisipatif masyarakat itu sendiri” Harapnya. (gemawan -WA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.