Isi Kegiatan IAIN Pontianak, Ini Pesan Gubernur Nusa Tenggara Barat

by -626 views
Foto : Gubernur Nusa Tenggara Barat
Foto : Tuan Guru Bajang, Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Pontianak-Today. Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, MA pada Sabtu (18/11) mengunjungi IAIN Pontianak. Kunjungan itu dalam rangka menjadi keynote speaker kegiatan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yang menyelenggarakan kegiatan IAIN Pontianak Bersholawat dan Seminar Nasional dengan mengusung tema, “Membangun Karakter Leadership Qur’ani.”

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Hamka Siregar, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa IAIN Pontianak patut berbahagia mendapatkan kesempatan yang sangat langka, dapat bertemu, berdialog dan berdiskusi dalam seminar dengan Tuan Guru Bajang Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, MA. yang sekaligus sebagai Gubernur NTB.

Mudah-mudahan kedatangan Gubernur ini dapat memberikan pencerahan kepada kami (IAIN Pontianak), supaya dapat menjadi penggerak dan pencerah. Pengalaman-pengalaman yang pernah dialami oleh Tuan Guru Bajang sebagai Gubernur NTB dapat ditularkan dan ditransfer kepada IAIN Pontianak yang terletak di jantung Kota Pontianak ini,” paparnya.

Foto : Tuan Guru Bajang mengisi kegiatan IAIN Bersholawat dan Seminar Nasional bertajuk “Membangun Karakter Leadership Qur’ani” di IAIN Pontianak.

 

Setelah sambutan dari Rektor, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, MA. Tuan Guru Bajang yang menempuh pendidikan Strata 1, Strata 2 dan Strata 3 di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 kriteria leadership qur’ani sebagai satu bagian dari penunaian misi kita sebagai manusia di atas bumi Allah SWT.

“Pertama, misi ubudiyyah. Misi ubudiyyah ini terkandung dalam ayat “wama khalaktu jinna wal innsa ila liya’budun/tidaklah aku ciptakan jin dan manusia ialah untuk beribadah”.

Kedua, memelihara lingkungan hidup. Termasuk di dalamya membangun bumi Allah secara fisik, menyiapkan sarana dan prasarana dan menjaganya sehingga tidak rusak termasuk ke dalam memelihara lingkungan hidup yang merupakan esensi misi kita sebagai manusia”.

“Ketiga, membangun nilai-nilai yang baik di dalam kehidupan kita. Bagaimana membangun tatanan sosial yang baik, hubungan kebangsaan yang dilandasai dengan saling cinta-mencintai, saling hormat-menghormati, gotong royong, dan semua nilai-nilai yang baik termasuk dalam misi yang ketiga ini,” papar Gubernur yang telah menjabat selama 9 tahun dan pernah menjadi Anggota DPR RI ini selama 4 tahun.

Kegiatan ini dihadiri ratusan perserta yang terdiri dari tamu undangan, para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, dosen, pegawai dan mahasiwa IAIN Pontianak. Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta yang terlihat dari beberapa pertanyaan yang kemudian disambut dengan tepuk tangan meriah. (Luthfy)

Sumber: Humas IAIN Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.