Inspiratif, Sispala Marabhunta Gelar Aksi Peduli Sampah di Karnaval Budaya Kota Singkawang

Foto: Sispala Marabhunta SMAN 4 Singkawang bersama pegiat lingkungan melakukan Aksi Peduli Samph di Karnaval Budaya Kota Singkawang (19/8).

Singkawang-Today. Sispala Marabhunta bersama pegiat lingkungan Kota Singkawang mengadakan Aksi Peduli Sampah. Kegiatan tersebut bertepatan dengan momen Karnaval Budaya peringatan Hut RI ke-72 pada hari sabtu (19/8).

Kegiatan ini melibatkan sedikitnya 30 orang, yang merupakan anggota perintis senior maupun Capa Sispala Marabhunta SMAN 4 Singkawang. Mereka kemudian berkumpul di depan panggung utama Karnaval Budaya, lalu mulai memunguti sampah yang berserakan.

Kegitaan peduli sampah ini menuai respon positif dari masyarakat yang ikut menyaksikan acara Karnaval Budaya. David misalnya, sangat mengapresiasi aksi peduli lingkungan ini, “Awalnya saya heran melihat sekelompok anak muda berkelilling dengan membawa kantong plastik yang besar. Setelah saya perhatikan, mereka ternyata mulai memunguti sampah yang berserakan. Ya, saya sebagai masyarakat saya sangat mengapresiasi kepedulian mereka terhadap lingkungan dan Kota Singkawang, apalagi mereka masih muda. Anak muda memang harus bergelut dengan kegiatan positif ”, ujar warga yang berdomisili di kelurahan Sedau tersebut.

Sebelum melakukan aksi peduli sampah di acara  Karnaval Budaya, pada Sabtu pagi (19/8) Sispala Marabhunta telah terlebih dahulu melakukan Aksi Tanam Pohon di tepi beberapa ruas jalan di kota Singkawang. Adapun lokasi yang mereka sambangi yaitu sepanjang ruas Jalan Yos Sudarso (Kuala), Jalan Tani, serta Jalan Kaliasin.

Foto: (Kiri) Sispala Marabhunta berfoto bersama di sela – sela Aksi Peduli Sampah.
(Kanan) Sispala Marabhunta melakukan Penanaman Pohon di pinggir beberapa ruas jalan di Kota Singkawang.

“Kegiatan ini diadakan untuk mendorong tumbuhnya rasa kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan dan juga kota Singkawang tentunya. Selain itu juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, pentingnya menjaga harmoni alam serta pentingnya peranan pohon sebagai penyuplai oksigen paru – paru dunia. Dan yang paling penting, demi terciptanya Singkawang yang Bersih dan Asri”, Ujar Hari Firmandi, guru SMAN 4 Kota Singkawang. (ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.