IMLEK – Banyak Toko Tutup, Warga Sudah Terbiasa

by -30 views
Imlek Pontianak
Salah satu ruas jalan di pusat kota Pontianak yang di hiasi ornamen bernuansa Imlek, lokasi Perempatan Jl. Gajah Mada - Jl. Diponegoro Pontianak (foto - pontinesia)

Pontianak-Today. Jelang perayaan tahun baru Imlek 2570 yang jatuh pada esok hari Selasa 5 Februari 2019 kota Pontianak sedikit tampak perubahan, jalan-jalan utama terlihat sedikit lengang akibat sudah banyak toko-toko yang mulai tutup terutama toko yang pemiliknya akan merayakan Imlek besok.

Dari pantauan team KalbarToday.com pagi ini (04/02) sepanjang jalan Gajah Mada dan jalan Tanjung Pura serta ruas-ruas jalan utama lainnya dimana biasanya pada hari kerja selalu padat dan ramai namun hari ini terlihat jauh lebih sepi, sebagian besar toko-toko sudah tidak buka jikapun ada yang masih buka informasinya hanya akan buka setengah hari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya aktivitas ekonomi di Kota Pontianak seakan terhenti pada saat perayaan Imlek hal ini karena sebagian besar toko-toko yang ada di pusat kota adalah milik warga keturunan tionghoa yang ikut merayakan Imlek bersama keluarga besar mereka.

Meskipun demikian warga lainnya yang tidak merayakan Imlek merasa tidak tertanggu apalagi kesulitan dalam memenuhi berbagi kebutuhan mereka, karena biasanya sudah dipersiapkan dengan baik.

“kami sudah hidup berdampingan dan bersama-sama sejak dulu, jadi sudah terbiasa menghadapi kondisi seperti ini, untuk stok bahan makanan misalnya biasanya kami sudah siapkan persedian untuk beberapa hari sampai pasar (toko) kembali normal buka kembali” ungkap seorang ibu setengah baya yang enggan disebutkan namanya.

Masih menurutnya sekarang bahkan jauh lebih mudah karena sudah banyak sekali mini market atau super market modern di sekitar pemukiman warga sehingga tidak perlu khawatir jika membutuhkan sesuatu yang mendesak, lebih mudah mendapatkannya, beda dengan 10 tahun lalu saat kebutuhan sehari-hari masih tergantung pada pasar dan toko-toko dipusat kota. (awe)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.