Geger Jalan Raya Gudeng Amblas

by -30 views
image: screenshoot dari laman kompas.tv

Nasional-Today. Peristiwa amblasnya jalan kembali terjadi. Kali ini Jalan Raya Gubeng Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di sekitar RS Siloam atau dekat BNI Gubeng arah Jalan Sumatera, dengan kedalaman sekitar 8-20 meter dengan panjang 25-100 meter Selasa malam (18/12).

Kejadian ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto di Surabaya. Eddy mengatakan bahwa benar ada jalan ambles di sekitar RS Siloam.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Lucky Hermawan mengatakan polisi telah memeriksa 11 pekerja dari tiga perusahaan untuk menyelidiki penyebab ambles Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur.

Menurut dia, keterangan 11 pekerja itu akan dikomparasikan dengan keterangan para pakar yang diundang antara lain dari ahli Geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri, dan BPPT.

Sampai siang ini kami masih mendatangkan tim-tim ahli dari ITS untuk melihat kejadian ini dan solusi ke depan” kata Lucky. Adapun proyek pembangunan tersebut, kata Lucky, adalah proyek pembangunan parkir lantai bawah tanah dengan luas 70×70 meter dengan kedalaman 19 meter.

Proyek sendiri baru berjalan di kedalaman 11 meter. Proyek tersebut dikerjakan oleh tiga kontraktor dengan masing-masing tugasnya. Amblesnya Jalan Gubeng juga berdampak pada dua bangunan di sekitarnya, yaitu Bank BNI dan Toko Elizabeth, yaitu mengalami tanah turun.(rst)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.