Dewan: Mall yang Gandeng UKM Jangan Setengah Hati

by -90 views
Mustaat Saman
Mustaat Saman, S.Hut, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak – Today. Usaha Kecil Menengah adalah salah satu sektor yang sangat berperan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia, untuk itu perlu keterlibatan seluruh stakeholder untuk bahu membahu memperhatikan masalah ini dengan serius.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Mustaat Saman, S.Hut, mengatakan pemerintah daerah sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan daya saing pelaku ukm, mulai dari hal paling dasar seperti memastikan ketersediaan bahan baku, produksi, pengemasan (packaging) sampai pemasaran.

Hal ini disampaikan saat meetup bersama pelaku UKM Kota Pontianak dan sekitarnya, kegiatan yang digelar PontiMarket ini dihadiri oleh dua ratusan orang pelaku usaha kecil menengah dari berbagai macam jenis usaha kemarin (27/02).

Disinggung tentang adanya kerjasama antara perusahaan retail dan jaringan swalayan modern, Mustaat memberikan apresiasi yang baik, namun Ia menegaskan diperlukan banyak perbaikan agar UKM benar-benar mendapat manfaat dari kerjasama tersebut.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Mustaat Saman, S.Hut saat acara meetup bersama pelaku usaha ukm Kota Pontianak dan Sekitarnya

“Karakter pelaku UKM tentu berbeda dan diperlukan penanganan yang beda juga, misalnya dalam hal proses pembayaran, UKM yang dapat masuk Mall tidak bisa disamakan dengan distributor besar yang bermodal besar, modal UKM sangat terbatas sehingga jika termin pembayaran ke mereka memakan waktu berbulan-bulan maka bisnis proses mereka akan terganggu” Ungkap Dewan termuda di DPRD Provinsi Kalbar ini.

Lebih lanjut legislator Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini menegaskan akan mendorong pemerintah daerah untuk membuat regulasi khusus untuk ini, misalnya setiap mall, retail atau swalayan modern wajib menyediakan space khusus untuk produk ukm hingga aturan mengenai proses dan termin pembayarannya.

“kita berharap koorporasi, Mall, Toko retail modern yang menggandeng ukm benar-benar serius dan jangan setengah hati, jangan hanya skedar untuk memenuhi syarat atau sebagai bahan promosi dan publikasi telah menggandeng ukm, tapi bagaimana pelaku UKM bisa benar-benar mendapat manfaat dari kerjasama yang dilakukan”.  Tegas Mustaat. (awe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.