Cukup Lama Menghilang, Akhirnya Beredar Juga

by -393 views
Uang Baru Emisi tahun 2016 (foto Kalbartoday)

Pontianak-Today. Setelah resmi diluncurkan Desember Tahun lalu, memang uang rupiah tahun emisi 2016 sepertinya tidak langsung banyak beredar, bahkan hingga awal tahun 2017 masih sulit menemukannya beredar di masyarakat.

Namun Menjelang Lebaran Idul Fitri 1438H akhir Juni lalu uang baru emisi tahun 2016 sudah banyak beredar dan digunakan masyarakat. Momen Perayaan Idul Fitri menjadi salah satu faktor pendukung banyaknya uang baru yang beredar karena banyak masyarakat yang secara khusus mendatangi Bank untuk menukar uang baru, biasanya uang ini untuk dibagikan kepada anak-anak pada hari lebaran tiba.

Nanang, seorang pedagang buah di bilangan Jl. Adi Sucipto Pontianak mengatakan Ia sengaja menukarkan sejumlah uang lama dengan emisi baru 2016 untuk persiapan lebaran Juni lalu,“anak-anak sangat senang mendapatkan uang yang masih baru, apalagi lebaran kali ini ada uang cetakan baru yang belum banyak beredar makanya banyak orang yang berbondong-bondong ke Bank untuk mendapatkan uang baru” ungkap Nanang yang mengaku menukarkan uang nya di Loket yang di buka oleh Bank Indonesia Perwakilan Pontianak di Jl. Ahmad Yani.

Ia pun membenarkan saat ini sudah mudah menemukan uang cetakan baru yang digunakan masyarakat dalam bertransaksi sehari-hari,“sejak lebaran kemarin pecahan Rp. 50 ribu dan Rp. 100 ribu baru juga sering ada di ATM” jelas Nanang yang memilih berwiraswasta sejak masih di bangku kuliah(awe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.