Babak Baru Provinsi Kapuas Raya, Gubernur Kalbar Sudah Tandatangan

by -154 views
Provinsi Kapuas Raya
Yanthi Cynthia Dhewi, warga asal Sintang di Pontianak (foto: Instagram yanthiwarna)

Pontianak-Today. Harapan sebagian masyarakat yang berada di kawasan timur provinsi Kalimantan Barat yang mendambakan terbentuknya provinsi baru di wilayah mereka sepertinya mulai memasuki babak baru, beberapa hari terakhir ini beredar surat kesepakatan antara Gubernur dan DPRD Kalimantan Barat tentang pembentukan Provinsi Kapuas Raya.

Dalam lembaran surat yang beredar di beberapa media sosial itu menyebutkan bahwa pihak kesatu yaitu Gubernur Kalimantan Barat dan pihak kedua Ketua DPRD Kalimantan Barat sepakat untuk memekarkan provinsi Kalimanatan Barat untuk membentuk Daerah Otonom Baru dengan nama Provinsi Kapuas Raya.

Dalam pasal lain kesepakatan itu disebutkan cakupan wilayah daerah persiapan Provinsi Kapuas Raya meliputi 5 (lima) Kabupaten yaitu: Kabupaten Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau dan Melawi dengan Ibu kota persiapan Provinsi Kapuas Raya akan berada di Kabupaten Sintang.

Beredarnya surat kesepakatan ini kembali menghangatkan pembicaraan tentang pembentukan Provinsi Kapuas Raya dan pastinya ditanggapi positif oleh masyarakat tak terkecuali mereka yang saat ini bemukim di kota Pontianak, salah satunya Yanthi Cynthia Dhewi yang merupakan warga asal Kabupaten Sintang yang sudah hampir 10 tahun menetap di Pontianak, menurutnya masyarakat perhuluan sungai kapuas sangat menantikan terbentuknya sebuah provinsi baru.

Provinsi Kapuas Raya
Beredar surat persetujuan pembentukan Daerah Otonom Baru yaitu Provinsi Kapuas Raya

“Pembentukan Provinsi Kapuas Raya adalah keharusan untuk akselerasi pembangunan kabupaten sintang dan kabupaten disekitarnya yang masuk dalam cakupan Daerah otonom baru nantinya” Ungkap Yanthi pada tim KalbarToday.

Alumnus Akademi Perpajakan ini menjelaskan dengan menjadi sebuah provinsi baru maka akan banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti semakin mudah dan dekatnya pelayanan publik, kalau selama ini akan mengurus sesuatu yang berurusan dengan instansi level provinsi harus ke Pontianak kedepan cukup ke Sintang, mengingat Sintang di persiapkan untuk menjadi Ibu Kota Provinsi Kapuas Raya.

“Selain itu, kelak sebagai provinsi baru tentunya akan memerlukan infrastruktur seperti kantor-kantor yang memadai tentunya pembangunan yang dilakukan akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas termasuk didalamnya penyerapan tenaga-tenaga kerja baru baik di kantor pemerintah maupun swasta” lanjut perempuan yang pernah tinggal di asrama mahasiswi Kabupaten Sintang di Pontianak ini.

Sampai berita ini diturunkan surat kesepatan pembentukan Provinsi Kapuas Raya yang tampak telah di tandatangani oleh Gubernur dan Ketua DPRD Kalimantan Barat tersebut telah beredar diberbagai media sosisal seperti, Facebook, Instagram, Grup Whatsapp dan platform lainnya. (awe)

baca juga: Mudik Lancar Aspal Mulus, Provinsi Kapuas Raya Harus!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.